Pesan Dakwah

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka baginya pahala seperti orang yang melakukannya” {HR. Muslim}

Istimewanya Sholat Sunnah Fajar, Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Allah SWT sudah menjanjikan pahala tersendiri dari tiap-tiap ibadah yang diperintahkan kepada Umat-Nya, baik itu yang wajib ataupun sunnah. Setiap perintah Ibadah merupakan  ladang nikmat dan pahala bagi umat yang mau menjalankannya. Allah SWT adalah Maha adil yang memerintahkan sebuah ibadah yang pasti dibalas dengan ganjaran ( pahala ). Tidak semata-mata ia memerintahkan sesuatu tanpa ada imbalannya, Allah pasti memberikan imbalan bagi Umat-Nya yang mau melaksanakan perintah dari-Nya.
Salah Ibadah sunnah yang diperintahkan adalah SHOLAH SUNNAH FAJAR. Sholat Sunnah Fajar yaitu dua rokaat sunnah yang dikerjakan pada waktu fajar/subuh setelah adzan subuh di kumandangkan, dan sebelum Iqomah. Shalat sunnah fajar adalah salah satu contoh ibadah sunnah yang memiliki pahala yang begitu besar bagi yang mau melakukan dan mengistiqomahka­nnya. Memang, shalat fajar ini merupakan salah satu shalat sunnah yang jarang sekali diamalkan oleh umat Muslim, meskipun hanya dilakukan dalam dua rakaat yang ringan.
Aisyah RA meriwayatkan dari Nabi SAW, beliau bersabda: "Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim dan Tirmidzi).
Berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW di atas, dapatkah kita bayangkan sebesar apa atau seperti apakah sebenarnya nilai dari shalat sunnah dua rakaat sebelum fajar tersebut? Sungguh Allah Maha Kaya lagi Maha Pemurah, dunia dan seisinya ini tidak ada apa-apanya dibandingkan pahala Sholat sunnah fajar tersebut.
Ummul Mukminin, Aisyah RA berkata, "Rasulullah SAW sangat menjaga shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh bila dibandingkan dengan shalat sunnah lainnya."
Begitu besar dan mulianya keutamaan dan balasan pahala yang dijanjikan Allah SWT bagi orang-orang yang selalu menjalankan sekaligus mengistiqomahka­n shalat sunnah dua rakaat sebelum fajar, hingga Rasulullah SAW pun sangat menjaga shalat sunnah tersebut daripada shalat sunnah yang lainnya. Jika R osululloh SAW yang sudah dijanjikan masuk surga pun sangat menjaga sholat sunnah fajar, kenapa Kita yang pasti melakukan salah dan dosa tidak berusaha menjalankan dan mengistiqomahkan sholat sunnah fajar tersebut.
Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah saw membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah, dan membaca surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah pada sholat sunnah fajar.
Adapun niat sholat sunnah fajar tersebut : " Usholli sunnatal fajri rok'ataini lillahi ta'aala " yang artinya " Saya niat sholat sunnah fajar dua rokaat karena Allah ta'ala "
Rasulullah SAW telah memberikan rahasia besar yang sangat menguntungkan bagi kita. Satu ibadah yang ringan dan mudah, namun dengan nilai dan pahala yang melebihi dunia dan isinya. Subhanallah.

Semoga Allah swt senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua untuk senantiasa mengistiqomahka­n shalat sunnah fajar dengan penuh keikhlasan. Semoga kita bisa menjalankan dan mengistiqomahkan.

(http://rudipurnomo86.blogspot.com/2013/07/inilah-keistimewaan-sholat-sunnah-fajar.html)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kunci Mencari Rezeki

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk Aqiqah, pengajian, haji, pernikahan.

    BalasHapus

Back to top